Home Profile Keadaan dan Potensi Sekolah

Melatih Kejujuran Melalui Kantin

Selasa tanggal 24 Maret 2009 adalah hari  bersejarah bagi keluarga besar  SMA Negeri  1 Tanjungpinang. Ditandai dengan tarian persembahan Makan Sirih asuhan pak Yulianto pertanda dimulainya  acara seremonial Peresmian Kantin Kejujuran SMAN 1 Tanjungpinang oleh bapak M.Yusuf Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Riau. Acara ini  dihadiri oleh segenap undangan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Riau, Walikota Tanjungpinang, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Kepala Bidang PMPTK Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau,dan  Kepala sekolah SD, SLTP, dan SMA/SMK se kota Tanjungpinang. Selain itu turut meramaikan lapangan upacara SMAN 1 yang telah dipersiapkan beberapa tenda untuk para tamu undangan hadir pula 10 orang siswa perwakilan dari masing-masing SMA/SMK se Provinsi Kepulauan Riau sebagai peserta penyuluhan hukum oleh Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Riau.
Bukit Kursi dikelilingi Batu,
Pulau penyengat sangat terkenal,
Selamat datang ke SMA Satu,
Sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.
Demikian pantun kepala SMA N 1 Tanjungpinang,  Encik Abdul Hajar memulai kata sambutannya. Kepala sekolah menyambut gembira dan berbesar hati atas bantuan dari bapak Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Riau berupa uang stimulus untuk mendirikan Kantin Kejujuran Sekolah. Pihak sekolah berjanji akan berupaya semaksimal mungkin menjalankan Peran Kantin Kejujuran sebagai wadah pembinaan nilai-nilai kejujuran kepada siswa.

Sebagaimana Slogan sekolah “CERGAS” yang kepanjangannya “CIVILIZED AND EDUCATED RESOURCES AS GLOBAL ASSETS” yang artinya  “SUMBERDAYA YANG BERADAB DAN TERDIDIK SEBAGAI ASSET GLOBAL”. Disini ditegaskan bahwa SMA Negeri 1 menekankan pada pembinaan peradaban siswa disamping upaya pembekalan ilmu pengetahuan, sehingga akan menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di tingkat internasional dan tidak meninggalkan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia yang beradab dan berbudaya. Karenanya Kantin Kejujuran ini sangatlah sesuai dengan visi misi sekolah, dan ditambahkan lagi sangat selaras dengan visi kota Tanjungpinang dimana selogannya “JUJUR BERTUTUR BIJAK BERTINDAK”.
Muda-mudi berjoget tandak,
Para tetamu mencicip pinang,
Jujur bertutur bijak bertindak,
Sebagai ciri masyarakat Kota Tanjungpinang.
Demikian pantun penutup kepala Sekolah yang disambut dengan riuh rendahnya tepuk tangan hadirin.

Dalam kesempatan sambutannya, Walikota Tanjungpinang mengamanatkan kepada para guru dan siswa agar dapat memanfaatkan kantin kejujuran ini sebagai wadah melatih diri dalam hal kejujuran. Kejujuran itu datang dari diri sendiri, dan diri kita sendirilah yang bisa melatih diri kita. Jangan sampai Kantin kita tekor pula,. demikian beliau berseloroh. Harapan ibu walikota agar para guru dan segenap warga sekolah saling bekerja sama dalam membina budi pekerti siswa. Dan  tidak lupa beliau mengharapkan agar pada Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 April 2009, SMA Negeri 1 Tanjungpinang mencapai hasil yang maksimal.

Setelah memberikan pengarahan dan pandangan mengenai Kantin Kejujuran yang merupakan gagasan dari Kejaksaan Tinggi, bapak M.Yusuf Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Riau menyerahkan bantuan berupa uang stimulus kepada sekolah sebagai modal untuk mendirikan Kantin Kejujuran. Bantuan tersebut diterima oleh Kepala Sekolah.

Acara peresmian Kantin Kejujuran ini diakhiri dengan pemotongan pita oleh Walikota Tanjungpinang, dan Pembukaan Tirai Papan Nama Kantin Kejujuran SMAN 1 Tanjungpinang oleh bapak Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Riau. Pada kunjungannya keKantin Kejujuran itu, Bapak Kepala  Kejaksaan Tinggi sempat membeli satu bungkus tissue, dan sekalian menyumbang beliau memasukkan selembar uang Rp.50.000,- kedalam kotak pembayaran.

Kantin Kejujuran memang merupakan kantin yang menuntut kejujuran para pembeli, dalam hal ini adalah para siswa SMA Negeri 1 Tanjungpinang. Sekarang ini jumlah seluruh siswa SMA Negeri 1 dari kelas 10 s.d. kelas 12 adalah sebanyak 753 orang. Para siswa akan mengambil sendiri barang-barang yang mereka beli, kemudian membayar sendiri dengan meletakkan uang bayaran mereka ke kotak pelastik pembayaran yang sudah disediakan. Apabila uang mereka perlu uang pengembalian, maka mereka mengambil sendiri uang kembalian yang sudah tersedia di dalam kotak pelastik uang recehan. Proses pengambilan barang, pembayaran dan pengambilan uang kembali dilakukan oleh siswa sendiri tanpa diawasi oleh penjaga kantin. Dengan harapan siswa dapat mengendalikan dan mempertahankan nilai-nilai kejujuran dalam dirinya sehingga Kantin Kejujuran tidak memerlukan penjaga. Tugas Penjaga Kantin hanya menutup pembukuan setiap hari, dan menyediakan barang-barang yang sudah habis terjual dengan stok baru.

Sampai saat tulisan ini dibuat, setelah lebih kurang 2 minggu berjalannya Kantin Kejujuran, diperoleh data dari penjaga kantin bahwa tidak ada tanda-tanda terjadi kecurangan/ketidakjujuran yang dilakukan oleh siswa. Buktinya setiap hari ditutup pembukuan yang sesuai antara pengeluaran dan pendapatan. ‘Sabas’ SMAN 1 Tanjungpinang, “Selamat” kepada  para siswa semoga Kejujuran kita akan terus terjaga.


 

Last Updated ( Friday, 10 April 2009 21:22 )  
Banner

E-Learning

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya kami dapat menyiapkan website SMA Negeri 1 Tanjungpinang ini. Kami harap website ini dapat membeikan informasi yang cukup bermakna tentang SMA Negeri 1 Tanjungpinang.

Read more...

Login Form




ISIAN BIODATA SISWA


Latest News

Popular News

Tags

Supported by

Trijaya Komputindo
Satunusa Network